EFEKTIFITAS PELATIHAN STIMULASI PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU
DOI:
https://doi.org/10.33475/mhjms.v1i1.8Keywords:
Pengetahuan; Stimulasi; Anak.Abstract
Pendahuluan. Stimulasi adalah suatu aktifitas yang dilakukan untuk memberikan rangsangan akan kemampuan dasar yang dimiliki oleh anak untuk mencapai pertumbuhan dan paerkembangannya secara optimal. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan bulan Desembaer 2022 di ATMA HOME CARE di desa Karanganyar Kec. Poncokusumo Kab. Malang dengan cara wawancara pada 4 ibu yang mempunyai anak didapatkan hasil 25% mengetahui dengan benar tentang cara stimulasi bayi dan 75% tidak mengetahui cara stimulasi pada anak. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi anak. Metode penelitian dengan menggunakan desain penelitian diskriptif yaitu menggambarkan pengetahuan ibu tentang stimulasi pada anak. Subyek pada penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia 1 bulan sampai 60 bulan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Besar sampel penelitian adalah 20 orang. Intrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan menggunakan tabel distribusi dengan bentuk persentase. Hasil. Hasil penelitian setelah pelatihan didapatkan pengetahuan ibu tentang stimulasi pada tingkat tahu didapatkan baik 80%, pada tingkat paham didapatkan baik 70%, dan pada tingkat aplikasi didapatkan baik 70%. Kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini bahwa terjadi peningkatan pengetahuan ibu tentang stimulasi pada anak dan diharapkan memberikan KIE tentang stimulasi pada anak pada ibu saat kunjungan nifas dan memberikan penyuluhan pada saat kegiatan Posyandu.